LPTIK 11 - PEMBUATAN SURAT PADA MS WORD

 MICROSOFT OFFICE - WORD - Surat Tugas

Panduan cara membuat surat di Microsoft Word berikut merupakan panduan yang digunakan sebagai materi praktik PTIK menggunakan aplikasi perkantoran Microsft Office Word 

Panduan cara mengetik surat kali ini terdiri dari materi-materi sebagai berikut:

  1. Materi pengaturan kertas / page
  2. Pemilihan jenis, dan ukuran huruf
  3. Membuat kop surat
  4. Membuat border
  5. Mengatur align

Berikut step by step langkah membuat surat di Microsoft Word, contoh surat yang akan kita ketik untuk latihan ini merupakan contoh surat undangan rapat.

I. Pengaturan kertas / page di Microsoft Word

Pengaturan kertas/ page ini sudah dibahas pada tulisan sebelumnya, dimana sebelum melakukan pengetikan terlebih dahulu atur ukuran kertas, dan margin.

Langkah-langkahnya:

1. Klik menu Page Layout

2. Klik menu Page Setup

cara mengatur kertas untuk membuat surat di microsoft word 2007 2010 2013 2016

3. Pilih menu Margin, atur margin. Pada orientation pilih Potrait.

cara mengetik surat di microsoft word 2007 2010 2013 2016

4. Pilih menu Paper, pada paper size pilih customize yaitu ukuran yang sudah disesuaikan dengan ukuran kertas F4

cara membuat surat di microsoft word

5. Kalau margin dan paper sudah diseting, klik Ok

2. Jenis dan ukuran huruf untuk Surat

Untuk surat resmi biasanya jenis huruf yang digunakan adalah huruf resmi, seperti Times New Roman, Arial, Century Ghotic, dan jenis-jenis huruf formal lainnya. Sedangkan untuk ukuran huruf biasanya disesuaikan dengan format surat masing-masing instansi.

Untuk latihan kali ini, jenis huruf yang akan kita pilih adalah Times New Roman, dan ukuran hurufnya adalah font 12 untuk isi surat, dan customize untuk kop surat. Pembahasan cara membuat kop surat setelah bahasan ini, di point 3.

Langkah-langkah memilih jenis huruf dan menentukan ukuran huruf untuk menulis surat di Microsoft Word sebagai berikut:

1. Klik menu Home

2. Pilih jenis huruf Times New Roman

3. Tentukan ukuran huruf 12


3. Membuat Kop Surat di Microsoft Word

Langkah-langkah membuat kop surat di Microsoft Word:

1. Tulis nama dan alamat lengkap instansi, misalnys seperti teks dibawah ini

2. Blok teks, kemudian pilih align center

3. Kemudian, edit teks dengan mengubah ukuran huruf ataupun menebalkan tulisannya.

4.  Kemudian blok kembali seluruh teks, dan geser left indent ke arah kanan untuk memberi ruang disebelah kiri yang nantinya akan dimasukan logo instansi.


5. Menambahkan logo instansi dengan cara berikut.


6. Agar logo bisa digeser dengan mudah, klik Text Wrapping, kemudian pilih in Front of text, kemudian geser logo ke sebelah kiri teks.


7. Sekarang logo sudah ada tepat disebelah kiri teks. Berikutnya kita tambahkan border dibawah teks, dengan cara letakan Kursor dibawah teks sebelah kiri,


8. Nantinya akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini, kemudian pilihh style garis yang lazim digunakan untuk membuat garis tepi kop surat, kemudian hilangkan garis tepi kiri, tepi kanan, dan bawah (lihat yang diberi tanda silang) dengan cara meng-Klik garis tersebut, kemudian klik Ok.

cara membuat garis kop surat di microsoft word 2007 2010 2013 2016

3.9. Maka hasilnya seperti tampilan kop surat dibawah ini;



Nah sekarang sebuah kop surat sudah berhasil dibuat, silahkan berlatih membuat kop surat yang lebih bagus yang lebih menarik sesuai instansi masing-masing.

4. Contoh Mengetik Surat di Microsoft Word

Berikut contoh cara mengetik surat di Microsoft Word, contoh surat kali ini adalah contoh surat undangan / surat panggilan kepada wali siswa.

Lihat contoh suratnya dibawah ini;



Komentar

Postingan populer dari blog ini

LPTIK 1 - KLASIFIKASI MOTHERBOARD