LPTIK 8 - Membuat Power Point
MICROSOFT OFFICE - POWER
POINT
A.
Pengertian
Microsoft Power Point
Microsoft Office
PowerPoint atau biasa disebut dengan Microsoft PowerPoint, merupakan sebuah
program komputer yang didesain untuk presentasi. Dengan program ini
Anda dapat membuat, mengatur, men-format sebuah file presentasi menjadi lebih
menarik sebelum Anda tampilkan. Program ini dikembangkan oleh Microsoft, dalam
paket aplikasi Microsoft Office. Yang mana terdiri
dari Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya
selain Microsoft PowerPoint.
Microsoft PowerPoint ini dapat Anda jalankan sistem
operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem
operasi Apple Mac OS. Seperti yang saya katakan sebelumnya, Microsoft
PowerPoint sangat populer di masyarakat. Apalagi di kalangan perkantoran,
pebisnis, para pendidik, siswa dan trainer.
B.
Sejarah
Microsoft Power Point
Sebagai aplikasi
presentasi terpopuler di dunia, Microsoft PowerPoint tentunya memiliki sejarah
yang tidak boleh kita lewati. Pada awal pertama kalinya, aplikasi Microsoft
PowerPoint ini dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin. Sebagai awal
mula perubahan nama menjadi PowerPoint adalah berasal dari perusahaan yang
bernama Forethought, Inc.
PowerPoint versi
1.0 dirilis pada tahun 1987, dan pada saat itu juga komputer pendukungnya
adalah Apple Macintosh. Diketahui tampilan awal dari Microsoft PowerPoint masih
menggunakan warna hitam/putih. Dan hanya mampu membuat halaman teks / grafik
untuk transparansi overhead projector (OHP).
Setelah Macintosh
berwarna muncul ke pasaran, selang setahun kemudahan versi aru dari PowerPoint
juga muncul dengan dukungan warna. Pada tanggal 31 Juli 1987, Microsoft
mengakuisisi perusahaan Forethought, Inc termasuk perangkat lunak PowerPoint
dengan harga sekitar 14 juta dollar.
C. Fungsi Dan
Manfaat Microsoft Power Point
- ·
Meningkatkan
percaya diri
- ·
Membuat
slide jadi menarik
- · Membuat audience tertarik dengan apa yang dipresentasikan
D. Kelebihan Dan
Kekurangan Microsoft Power Point
a.
Kelebihan
-
Tampilan
user friendly.
-
Dilengkapi
dengan berbagai macam Tools yang menarik.
-
Tersedia
desain dan template yang bervariasi.
-
Fitur
penggerak (Transition & Custom Animation)
-
Terdapat
fitur kolaborasi.
-
Memiliki
fitur Cloud Service.
b.
Kekurangan
-
Harga
paket Microsoft Office yang cukup mahal.
-
Ketidakstabilan
dokumen di setiap versi.
-
Membutuhkan
spesifikasi hardware yang baik, karena Microsoft PowerPoint termasuk
program yang berat.
-
Membutuhkan
kemampuan yang cukup untuk membuat presentasi yang menarik.
E. Cara Menjalankan
Microsoft Power Point
a)
Membuat
Berkas Power Point
1. Buka PowerPoint. Klik atau klik dua kali ikon aplikasi PowerPoint yang tampak seperti kotak berwarna oranye dengan huruf “P” berwarna putih.Setelah itu, halaman templat PowerPoint akan ditampilkan.
2.
Pilih
templat. Klik templat yang ingin digunakan. Setelah itu, jendela
templat akan dibuka. Jika Anda tidak ingin menggunakan templat, klik opsi
“Blank” di pojok kiri atas halaman dan lewati dua langkah berikutnya.
3. Pilih
tema jika memungkinkan. Banyak templat yang menawarkan beragam skema
warna atau tema berbeda yang ditandai oleh kotak- kotak berwarna di pojok
kanan bawah jendela. Klik salah satu kotak tersebut untuk mengubah skema
warna dan/atau tema templat. Lewati langkah ini jika templat yang
terpilih tidak memiliki tema.
4. Klik
create. Tombol ini berada di pojok kanan bawah jendela. Setelah itu,
templat akan terpilih dan berkas presentasi PowerPoint akan dibuat.
b)
Membuat
Halaman Judul
1. Tentukan
tampilan halaman judul presentasi Anda. Tidak seperti halaman-halaman
lain pada presentasi, halaman judul tidak boleh memiliki konten-konten apa
pun selain judul dan subjudul. Hal ini dianggap sebagai keharusan
profesional saat membuat presentasi PowerPoint.
2. Tambahkan
judul. Klik kotak teks besar yang berada di tengah halaman pertama,
kemudian ketikkan judul presentasi. Anda bisa mengubah font dan ukuran teks yang digunakan pada tab “Home” di
pita oranye yang ditampilkan di bagian atas jendela program.
3. Tambahkan
subjudul. Klik kotak teks yang lebih kecil di bawah kotak judul,
kemudian tikkan subjudul yang ingin digunakan. Anda juga bisa
mengosongkan kotak tersebut jika mau.
4. Susun
kembali kotak judul. Tempatkan kursor pada salah satu sudut kotak
judul, kemudian klik dan seret kotak ke sekitar halaman untuk mengubah
posisinya. Anda juga bisa mengeklik dan menyeret salah satu sudut
kotak teks ke luar atau dalam untuk mengecilkan atau memperbesar ukuran
kotak teks.
c)
Menambahkan
Halaman Baru
1.
Klik
tab insert. Tab ini berada di bagian atas jendela PowerPoint.
Setelah itu, bilah peralatan baru akan ditampilkan di bagian atas
jendela. Pada komputer Mac, klik tab “Home”.
2.
Klik
tombol new slide. Tombol ini berada di ujung kiri bilah peralatan. Setelah
itu, menu drop-down akan ditampilkan.
3.
Pilih
jenis halaman. Pada menu drop-down, klik salah satu opsi berikut
untuk ditambahkan ke presentasi.
4.
Tambahkan
halaman-halaman lain yang dibutuhkan. bisa menambahkan halaman sambil
mengerjakan presentasi, tetapi dengan menambahkan beberapa halaman sejak
awal, Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai tata letak presentasi
sambil menyelesaikannya.
5.
Posisikan
kembali halaman-halaman sesuai kebutuhan.
d)
Menambahkan
Konten Ke Halaman
1.
Pilih
halaman. Pada kolom kiri pratinjau halaman, klik halaman yang ingin
disunting. Setelah itu, halaman tersebut akan ditampilkan di jendela
presentasi utama.
2.
Carilah
kotak teks. Jika memilih halaman yang memiliki kotak teks, Anda
bisa menambahkan teks ke halaman tersebut. Lewati langkah ini dan dua
langkah berikutnya jika halaman yang terpilih menggunakan templat yang
tidak memiliki kotak teks.
3.
Tambahkan
teks ke halaman. Klik kotak teks, kemudian tikkan teks sesuai
kebutuhan. Kotak teks pada PowerPoint secara otomatis akan mengatur
format teks yang Anda masukkan (mis. Menambahkan poin/bullet) berdasarkan
konteks konten itu sendiri. Anda juga bisa menambahkan catatan pada
presentasi (yang tidak akan masuk seluruhnya di
dalam slide), tetapi masih bisa Anda buka dengan mengeklik "Notes' pada
bagian bawah slide.
4.
Sesuaikan
format teks halaman.
5.
Tambahkan
Foto ke halaman. Jika Anda ingin menambahkan foto ke halaman,
klik tab “Insert”,kemudian klik “Pictures” pada bilah peralatan
dan pilih foto yang diinginkan.
6.
Sesuaikan
kembali konten halaman.
7.
Ulangi
langkah ini untuk setiap halaman presentasi.
e)
Menambahkan
Transisi
1.
Pilih
halaman. Di kolom kiri jendela PowerPoint, klik halaman yang ingin
disisipi transisi.
2.
Klik
tab transition.
3.
Tinjau
pilihan transisi yang tersedia.
4.
Tampilkan
pratinjau transisi.
5.
Pilih
transisi yang ingin digunakan.
6.
Tambahkan
transisi ke konten halaman.
f)
Memeriksa
Dan Menyimpan Presentasi
1.
Tinjau
presentasi power point yang dibuat.
2.
Klik
tab Slide Show.
3.
Klik
from beginning
4.
Buka
setiap halaman pada salindia.
5.
Buatlah
perubahan yang diperlukan sebelum beralih ke langkah berikutnya.
6.
Simpan
presentasi power point.
Komentar
Posting Komentar